Sunday 17 February 2013

KEGAGALAN ADALAH KEBERHASILAN YANG TERTUNDA

KEGAGALAN ADALAH KEBERHASILAN YANG TERTUNDA
KEGAGALAN adalah keberhasilan yang tertunda, begitu nasihat yang sering kali diucapkan sesorang kepada rekanya yang sedang mengalami kegagalan. maksudpenyampaian nasihat ini tentu untuk memberikan semangat bahwa kegagalan bukanlah kiamat atau akhir segalanya.
semua orang pasti pernah mengalami kegagalan baik itu kegagalan didalam perdagangan,kegagalan dalam pernikahan,kegagalan dalam kuliah,kegagalan dalam pekerjaan atau sebagainya. bahkan orang orang besar yang terlihat bergelimang kesuksesan sekalipun pasti pernah mengalami kegagalan dalam hidup mereka.

Penyabab Kegagalan 
jika kita menelusuri kegagalan ,maka kita dapat menggolongkan penyebab tersebut dalam dua golongan besar,yakni kegagalan karena faktor internal dan kegagalan dalam faktor eksternal.
kegagalan karena faktor internal adalah kegagalan yang berasal dari dalam diri kita sendiri.banyak halyang dapat menjadi penyebab kegagalan ini,seperti kurang perhitungan pada saat awal melangkah,kurang hati hati dalam melakukan sesuatu,atau karena menganggapremeh suatu pekerjaan tertentu.tetapi penyebab internal yang paling sering terjadi adalah rasa takut untuk mencoba atau memulai sesuatu kesempatan .dengan menghindari peluang atau kesempatan bukan berarti kita telah terlepas darikegagalan  yang mungkin kita hadapi , akan tetapai kita telah menetapkan kegagalan tersebut sebagai pilihan kita 
selain berjiwa besar ,seseorang juga memiliki suatu kemampuan untuk menghadapi permasalahan atau kegagalan yang ia alami .kemampuan ini lebih dikenal sebagai adversity quotient(AQ) .memang AQ ini lebih banyak berkembang dimasakecil seseorang , di masa orang tua sangat berperan dalam hal memupuk dan mengembangkan kemampuanAQ anak . tetapibukan berarti seseorangmemliki kemampuan AQ yang kuarang baik tidak akan menhadapikegagalan yang ia alami. ada beberapa hal yang dapat membantu seseorang untuk tegar menhadapi kegagalan yang ia alami sekaligus meningkatkan kemampuan AQ yang ia miliki.
berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat kita lakukan pada saat kitamenghadapi kegagalan :
1. pasrah kepada tuhan
2.ambil hikmah
3.istirahat
4.bertanya dan evaluasi
5. memulaikegiatan baru

dan jangan lupa untukmenggunakan peta kekuatan baru yang kita miliki.
ada dua kesempatan yang dapat kitalakukan .pertama adalah tujuan baru dengan cara lama atu dengan cara lama dengan tujuan baru .kedua,tujuan baru dengan cara baru 

No comments:

Post a Comment